P O L I G U R

Wakapolri Komjen Drs Nanan Soekarna mengatakan, Program Polisi Peduli Pengangguran (Poligur) akan coba diterapkan di seluruh polsek se-Indonesia

Ciamis, “Mabes Polri dan Polda Jawa Barat membuat program Polisi Peduli Pengangguran. Dan program ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kejahatan di Indonesia,” ujar Nanan usai meresmikan program Poligur di Ciamis, Kamis (7/6/2012).
Nanan pun menyebutkan, program poligur membuktikan bahwa polisi bermanfaat bagi masyarakat. Bukan hanya sekedar menangkap para pelaku yang melanggar hukum. Selain itu, pihaknya ingin tampil sebagai pengayom dan menjadi motivator serta inspirator buat menghilangkan masalah pengangguran. Pasalnya, pelaku kejahatan konvensional hampir 50% disebabkan oleh pengangguran.
“Salah satu akar masalah terjadinya gangguan kamtibmas, adalah pengangguran. Dengan program ini diharapkan angka pengangguran bisa ditekan dan angka kejahatan menurun, dan Poligur ini akan diterapkan di seluruh polres se-Indonesia. Yang menjadi pilot project-nya adalah Polres Ciamis,” tegasnya.
Untuk merealisasikan program tersebut, Kapolda Jawa Barat Irjen Drs I Putut Eko Bayuseno telah memerintahkan para Kapolres se-Jawa Barat untuk mendata jumlah pengangguran di wilayah masing-masing. “Saya sudah perintahkan semua Kapolres untuk mendata jumlah pengangguran di usia yang masih produktif. Nantinya mereka bisa disalurkan untuk bekerja,” tambahnya.
Dalam pelaksanaan program tersebut, lanjut Putut, pihaknya telah menggandeng pemerintah daerah untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan bagi para remaja yang tidak bekerja atau pengangguran. “Pemerintah daerah kan memiliki staf ahli dalam bidang pertanian, pertenakan, perikanan serta ahli dalam berusaha. Ahli-ahli itulah yang akan memberikan penyuluhan dan pelatihan terhadap mereka ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: