Puluhan Rumah di Kec. Tambaksari Kab. Ciamis Rusak Akibat Tebing Longsor

Puluhan rumah yang mengalami kerusakan cukup parah tersebar di dua desa, yakni Tambaksari dan Desa Kaso di Kecamatan Tambaksari. Longsoran tebing juga mengakibatkan tanah di dua desa itu mengalami pergeseran cukup parah, bahkan sebagian tanah bangunan rumah warga turut amblas. Akibat adanya pergeseran tanah, dinding rumah warga mengalami retak-retak. Dikhawatirkan rumah itu akan amblas jika terjadi longsor susulan. Longsor diduga terjadi karena tanah di tebing itu labil setelah diguyur hujan lebat terus menerus. Menurut Tarman, seorang warga, peristiwa longsor dan tanah amblas itu sangat mengejutkan warga sekitar, termasuk keluarganya. Warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Kini warga berharap Pemda setempat segera turun tangan untuk mengatasi bencana tersebut yang semakin hari terus mengancam keselamatan warga.

Untuk menghindari korban jiwa, kini pihak desa setempat menyarankan agar warga yang lokasinya terancam longsor, segera mengungsi. Sejumlah warga pun menurut. Mereka mengungsi ke sanak saudara dan tetangganya yang lokasinya dinilai lebih aman.

Hujan deras yang mengguyur wilayah utara Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebabkan tebing setinggi 10 meter di beberapa titik di Kecamatan Tambaksari, longsor. Akibatnya, sedikitnya 60 rumah rusak berat, dan 42 rumah lainnya kini mengalami retak-retak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: