5 Kandidat Pilkada Jabar 2013

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat resmi mengundi nomor urut setiap pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Hasilnya pasangan independen, Pasangan Dikdik Mulyana Arif Mansyur-Cecep NS Toyib mendapat nomor urut 1. Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim nomor urut 2, pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana mendapat nomor urut 3. Sedangkan Pasangan incumbent Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar mendapat nomor urut 4. Dan terakhir pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki mendapati nomor urut 5. Pengundian dilakukan di Auditorium, Sabuga Bandung sekira pukul 20.50 WIB. Selain pejabat KPU Jabar, ratusan pendukung juga tampak mendampingi setiap calon.
Dan berikut ini Komentar para kandidat tentang nomor urut Pilgub, 
Dari nomor 1, di mana satu-satunya pasangan jalur independen Dikdik Mulyana Arif Mansyur menjelaskan bahwa nomor 1 tidak memberhalakan. Nomor satu harus siap segalanya. “Karena segala sesuatu itu dimulai nomor satu,” ungkap Dikdik di Auditorium Sabuga, Bandung, Selasa (18/12).
Nomor 2, adalah pasangan yang diusung partai Golkar yakni Irianto MS Syafiuddin alias Yance dan Tatang Farhanul Hakim. Yance menjelaskan, diraihnya nomor urut 2 merupakan momentum kesuksesan Partai Golkar.  “Dahulu ketika masih bernomor urut 2, Partai Golkar mengalami kesuksesan yang luar biasa,” kata Yance. Sehingga dirinya semakin optimis dalam menghadapi ajang demokrasi Jawa Barat ini.

Di nomor 3, ada pasangan yang diusung Koalisi ‘Babarengan’ Demokrat, PAN, PKB dan Gerindra, yakni Dede Yusuf dan Lex Laksamana. Dede menuturkan, nomor 3 adalah nomor keberuntungan. “Saat mendulang sukses pada Pilgub 2008, kita juga mendapatkan nomor 3,” ujarnya tersenyum.

Nomor 4, yakni incumbent Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar yang diusung PKS, Hanura, PPP, dan PBB. Heryawan menganalogikan 4 dengan lubang kain kancing. “Alhamdulilah, nomor 4. Ini kancing lobangnya empat dan merah putih. Merah putih tidak ada alamatnya yakni NKRI. Merah putih berani karena suci. Empat lobang sila kebangsaan. Mudah-mudahan empat ini adalah semangat bisa menang,” ungkapnya sambil memperlihatkan kancing dengan corak merah putih.

Terakhir Nomor 5 yakni pasangan yang diusung PDIP Jabar, Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki. Rieke menjelaskan, “Jadi pilar terpenting di Jabar adalah sila ke lima, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Saya senang sekali. Karena saya akan menjadikan laboratorium pancasila yang memikat, yang menurut saya sesuai komitmen. Persoalan pancasila akan bangkitkan di Jabar,” tegasnya.

Sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: